Resep Ayam Bumbu Kuning: Cara Membuat Ayam yang Lezat dan Gurih dengan Bumbu Kuning

Resep Ayam Bumbu Kuning, masakan khas Sunda yang gurih dan enak. Mudah dibuat, cocok untuk seluruh keluarga

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang satu resep kuliner yang cukup populer terutama di wilayah jawa bagian barat yaitu resep Ayam Bumbu Kuning, salah satu resep masakan tradisional Indonesia yang sangat populer. Ayam Bumbu Kuning adalah masakan yang terbuat dari daging ayam yang digoreng dan diolah dengan bumbu kuning yang kaya akan rempah-rempah.

Masakan ini memiliki makna budaya yang sangat penting dalam tradisi kuliner Indonesia. Ayam Bumbu Kuning dikenal sebagai masakan yang sangat lezat dan cocok untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Dikenal sebagai masakan khas dari daerah Sunda, Ayam Bumbu Kuning juga populer di berbagai daerah lain di Indonesia dan menjadi menu favorit banyak orang.

Tentang ayam bumbu kuning

Ayam Bumbu Kuning tradisional Indonesia

Sejarah Ayam Bumbu Kuning sangatlah panjang, namun dapat dikatakan bahwa masakan ini berasal dari tradisi masakan Sunda yang kaya akan rempah-rempah. Bumbu kuning yang digunakan dalam masakan ini merupakan campuran dari berbagai jenis rempah-rempah yang diolah dengan bahan dasar santan.

Pada artikel ini, kita akan membahas selengkapnya tentang Ayam Bumbu Kuning, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, cara membuatnya, sampai cara menyajikan masakan ini. Jadi, mari kita mulai dengan membahas bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Bumbu Kuning yang lezat dan enak.

Bahan bahan

Rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu kuning Ayam Bumbu Kuning

Bahan dan bumbu dalam pembuatan atau cara memasak resep Ayam Bumbu Kuning cukup mudah didapat , kita akan membahas tentang bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Bumbu Kuning.

Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg daging ayam, dipotong menjadi 8 potong
  • 500 cc santan cair
  • 750 cc santan kental, dari 1 ½ butir kelapa
  • 1 batang sere, dipemarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas

Bumbu halus

Cara memasak Ayam Bumbu Kuning dengan bumbu kuning yang kaya akan rempah-rempah

Bahan utama dalam masakan ini adalah daging ayam dan bumbu kuning. Bumbu kuning sendiri terdiri dari beberapa rempah-rempah yang dihaluskan, seperti:

  • 2 sendok teh ketumbar, disangrai
  • 15 biji jintan, disangrai
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1 sendok teh merica
  • 5 butir kemiri
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

Bahan-bahan tersebut dapat ditemukan di pasar tradisional atau toko rempah-rempah. Namun, jika Anda kesulitan menemukan bahan-bahan tersebut, Anda dapat mengganti beberapa bahan dengan bahan yang lebih mudah di dapat. Misalnya, bahan seperti sere dan daun jeruk dapat diganti dengan bahan yang lebih mudah di dapat seperti daun kunyit atau daun pandan.

Untuk variasi dari masakan ini, Anda dapat mencoba membuat "ayam bumbu kuning tanpa santan" dengan mengurangi atau menghilangkan santan dari resep asli.

Dengan bahan-bahan yang tepat, Anda dapat membuat Ayam Bumbu Kuning yang lezat dan enak. Selanjutnya, kita akan membahas cara membuat Ayam Bumbu Kuning.

Persiapan bahan dan bumbu

Cara memasak Ayam Bumbu Kuning dengan santan cair dan kental

Setelah selesai mempersiapkan bahan dan bumbu maka selanjutnya kita akan masuk ke tahapan mempersiapkan bahan-bahan ayam bumbu kuning, kita akan membahas tentang cara mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat Ayam Bumbu Kuning. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Potong daging ayam menjadi 8 potong sesuai ukuran yang diinginkan.
  2. Haluskan bumbu kuning yang terdiri dari ketumbar, jintan, kunyit, jahe, merica, kemiri, bawang merah, dan bawang putih.
  3. Memarkan sere dan siapkan daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.
  4. Siangi santan kental dan siapkan santan cair.

Langkah ini dapat dilakukan sebelum mulai menumis bumbu kuning, sehingga Anda dapat menyelesaikan proses pembuatan masakan dengan lebih cepat.

Tips:

  • Anda dapat menggunakan food processor untuk menghaluskan bumbu kuning agar lebih cepat dan mudah.
  • Anda dapat menyimpan bumbu halus yang sudah dihaluskan di dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama beberapa hari sebelum digunakan.
  • Anda juga dapat membuat santan kental sendiri dengan cara mengukus kelapa yang sudah dibersihkan dan dihaluskan dan mencampurnya dengan santan cair untuk mencapai konsistensi yang diinginkan.
  • Setelah bahan-bahan di siapkan, Anda siap untuk memasak Ayam Bumbu Kuning. Proses memasak dapat ditemukan pada bagian berikutnya.

Waktu yang diperlukan untuk menyiapkan bahan-bahan sekitar 15-20 menit.

Cara memasak

memasak Ayam Bumbu Kuning asli

Setelah proses mempersiapkan bahan bumbu selesai maka kita akan langsung masuk ketahapan inti yaitu cara meemasak ayam bumbu kuning, kita akan membahas dengan detail tentang cara memasak Ayam Bumbu Kuning. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis bumbu kuning yang sudah dihaluskan sampai harum.
  2. Tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas ke dalam tumisan bumbu kuning, lalu masukkan ayam ke dalam wajan. Tumis ayam bersama bumbu hingga ayam berubah warna.
  3. Tuang santan cair ke dalam wajan dan tutup wajan dengan penutup. Masak dengan api kecil sampai kuahnya habis, sambil diaduk secara teratur.
  4. Setelah itu, tambahkan santan kental ke dalam wajan dan masak hingga ayam matang dan kuah mengental dan berminyak.
  5. Angkat dan sajikan Ayam Bumbu Kuning dengan nasi hangat.

Tips:

  • Anda dapat menambahkan gula dan garam sesuai selera Anda selama proses memasak.
  • Anda dapat menambahkan irisan kol atau daun bawang untuk memberikan rasa yang lebih segar.
  • Anda dapat mengubah tingkat kepedasan sesuai selera Anda dengan menambahkan cabai atau sambal ke dalam masakan.
  • Waktu yang diperlukan untuk memasak Ayam Bumbu Kuning sekitar 30-40 menit.
  • Pastikan untuk memeriksa kondisi daging ayam secara teratur selama proses memasak agar tidak terlalu matang atau terlalu kurang matang. Ayam Bumbu Kuning siap dihidangkan ketika daging ayam matang dan kuah mengental dan berminyak.

Penyajian Dan saran Dalam Menyajikan

Setelah proses memasak telah selesai maka sekarang kita akan langsung membahas tentang cara penyajian terbaik berikut tips agar masakan ayam bumbu kuning yang telah kita buat menjadi semakin menggugah selera.

Ayam Bumbu Kuning biasanya disajikan dengan nasi hangat. Anda dapap menambahkan lalapan seperti irisan kol atau daun bawang untuk memberikan rasa yang lebih segar. Anda juga dapat menyajikan dengan lauk pauk lainnya seperti tempe dan tahu goreng.

Tips:

  • Anda dapat menambahkan irisan cabai atau sambal ke dalam masakan untuk memberikan tingkat kepedasan yang lebih tinggi sesuai selera Anda.
  • Anda dapat menyajikan masakan ini dengan lauk lainnya seperti telur dadar atau tauge untuk memberikan variasi rasa dan tekstur.
  • Ayam Bumbu Kuning juga dapat disajikan dengan nasi uduk atau nasi liwet untuk memberikan rasa yang lebih gurih.
  • Untuk menyimpan sisa masakan, Anda dapat menyimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es.

Ayam Bumbu Kuning dapat disimpan selama beberapa hari selama disimpan dengan baik. Namun, untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menghindari menyimpan sisa masakan yang terlalu lama.

Penutup

Ayam Bumbu Kuning adalah masakan tradisional Indonesia yang sangat populer dan lezat. Masakan ini dikenal sebagai masakan khas dari daerah Sunda dan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Bahan-bahan yang digunakan dalam masakan ini mudah diperoleh dan proses memasaknya cukup sederhana.

Kami berharap artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi Anda dalam membuat Ayam Bumbu Kuning yang lezat dan enak. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan menyesuaikan dengan selera Anda. Selamat mencoba!

Faq

Apa itu Ayam Bumbu Kuning?

Ayam Bumbu Kuning adalah masakan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ayam yang digoreng dan diolah dengan bumbu kuning yang kaya akan rempah-rempah.

Dari mana asal masakan Ayam Bumbu Kuning?

Ayam Bumbu Kuning berasal dari tradisi masakan Sunda yang kaya akan rempah-rempah.

Apa saja bahan-bahan yang digunakan dalam membuat Ayam Bumbu Kuning?

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat Ayam Bumbu Kuning antara lain daging ayam, santan cair dan kental, serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan bumbu kuning yang terdiri dari ketumbar, jintan, kunyit, jahe, merica, kemiri, bawang merah, dan bawang putih

Apakah Ayam Bumbu Kuning cocok untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga?

Ya, Ayam Bumbu Kuning cocok untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga karena bahan-bahan yang digunakan cukup sehat dan tidak terlalu pedas.

Bagaimana cara menyimpan sisa masakan Ayam Bumbu Kuning?

Anda dapat menyimpan sisa masakan Ayam Bumbu Kuning dalam wadah tertutup di dalam lemari es. Masakan ini dapat disimpan selama beberapa hari selama disimpan dengan baik. Namun, untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menghindari menyimpan sisa masakan yang terlalu lama.

Apakah Ayam Bumbu Kuning dapat disajikan dengan lauk lain?

Ya, Anda dapat menyajikan Ayam Bumbu Kuning dengan lauk lain seperti telur dadar, tauge, atau lauk pauk lainnya untuk memberikan variasi rasa dan tekstur.

© Trias Kitchen. All rights reserved. Distributed by Trias Kitchen